Mengatasi Proxy Windows 10 Tidak Mau Mati🔭

Proxy Windows 10 merupakan salah satu fitur yang dapat membantu penggunanya untuk membantu menggunakan proxy yang dapat digunakan pada sistem, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Proxifier, CCProxy, atau aplikasi proxy serupa.

Skema Proxy pada Jaringan
Sumber: Wikimedia Commons.

Proxy merupakan sebuah server yang bertugas sebagai penengah komunikasi antara client dan server yang biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan dan menghilangkan sensor dari ISP.

Proxy Windows 10 Tidak Mau Mati

Marak laporan mengenai proxy pada Windows 10 yang tidak bisa dimatikan lewat Settings. Hal ini menyebabkan Windows tidak bisa mengakses internet, misalnya pada Google Chrome akan muncul error ERR_PROXY_CONNECTION_FAILED.

Proxy Windows 10
Tampilan Pengaturan Proxy Windows 10.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan file registry berikut untuk mematikan proxy pada jendela Settings.

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings]
"MigrateProxy"=dword:00000001
"ProxyHttp1.1"=dword:00000000
"ProxyEnable"=dword:00000000
"ProxyOverride"=""
"ProxyServer"=""

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings]
"ProxySettingsPerUser"=dword:00000001

Atau Anda bisa mengunduh file tersebut pada tautan berikut: Disable Proxy.reg.

  1. Salin rekat isi kode berikut ke dalam Notepad atau aplikasi editor teks lain kemudian simpan dengan ekstensi file .reg.
  2. Buka file tersebut kemudian klik OK.
  3. Buka Settings >> Proxy untuk melihat apakah proxy sudah mati atau belum.

Setelah mengubah registry, proxy pada Windows 10 akan secara otomatis mati. Sekarang Anda dapat berselancar di internet seperti biasa.

Bug Proxy Windows?

Penulis tidak mengetahui apakah ini merupakan bug dari Windows 10 atau bukan. Sebelum Windows 10 Redstone 4, masalah ini tidak dialami oleh penulis. Tetapi setelah pembaruan Redstone 4, masalah proxy ini mulai muncul dan sangat mengganggu.

Menurut forum dari Microsoft Answers, penyebab masalah proxy yang tidak dapat diubah ini adalah program crack seperti KMSpico, License Server, atau downloader lain yang mengubah pengaturan Windows sehingga proxy tidak dapat dimatikan.

Meskipun penulis sudah memberikan file untuk mengembalikan registry agar dapat mematikan proxy, sewaktu-waktu proxy bisa aktif dengan sendirinya kembali. Jika proxy aktif kembali, Anda dapat membuka file reg tadi untuk mematikan proxy kembali.

Referensi

  1. Wikipedia. 2018. Proxy Server (https://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server). Diakses 16 November 2018.