E-learning KFlearning: Solusi Untuk Ngoding Gampang!📖

E-learning – KFlearning merupakan aplikasi e-learning besutan Kodesiana.com dengan tujuan menjadi aplikasi e-learning all-in-one untuk semua kalangan khususnya mahasiswa.

Kodesiana.com sebagai kontributor teknologi lokal dari Indonesia sangat ingin ikut serta memajukan taraf penggunaan teknologi di Indonesia, khususnya pada bidang pendidikan.

Admin Kodesiana.com yang telah berpengalaman dalam industri teknologi informasi dan saat ini sedang berkuliah strata 1 mendapati bahwa penggunaan teknologi yang tidak up-to-date dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu step back dalam pembelajaran teknologi mutakhir saat ini.

Akhirnya, Admin berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi e-elearning yang dapat berperan untuk memudahkan pembelajaran khususnya pemrograman, yaitu KFlearning.

Bukan E-learning Biasa

Tujuan KFlearning yaitu sebagai manajemen proyek dan direktori artikel dan tutorial.

Dengan KFlearning, user dapat membuat project dan membaca artikel dan tutorial langsung dalam satu aplikasi.

Tampilan manajemen project KFlearning
Tampilan KFlearning

KFlearning juga merupakan anggota baru dari keluarga Kodesiana Platform! Suksesor dari proyek pendahulunya, yaitu TurboTugas.

Bisa Buat Apa Aja!

Out-of-the-box, KFlearning sudah dibekali dengan Visual Studio Code dan MinGW-GCC dengan berbagai ekstensi. Dengan KFlearning, user dapat membuat berbagai program dengan mudah.

Saat ini, support KFlearning difokuskan untuk tiga bidang teknologi, yaitu:

  1. C/C++ Development (out-of-the-box, dengan MinGW).
  2. Web Development (PHP, HTML, CSS, JS, dengan Laragon).
  3. Python Development (Python atau dengan Anaconda).

Untuk menggunakan KFlearning untuk Web dan Python, user harus menginstall program tambahan dan akan di bahas pada post selanjutnya.

E-learning untuk C/C++ Development

Khusus untuk support C/C++ Development, fitur ini sudah out-of-the-box, jadi tidak perlu install program tambahan apapun. Untuk menggunakan fitur ini, ada template khusus pada KFlearning untuk memudahkan user membuat, mendebug, dan menguji program yang akan dibuat.

E-learning untuk Web Development

Untuk membuat web dengan KFlearning, user harus menginstall Laragon. Laragon ini mirip seperti XAMPP, tetapi memiliki fitur tambahan seperti Virtual Host yang akan memudahkan user membuat web.

E-learning untuk Python Development

Khusus untuk Python, Admin menyarankan untuk menggunakan Anaconda untuk menginstall virtual environment agar proses development menjadi lebih mudah.

Cara Install KFlearning

KFlearning merupakan e-learning yang bersifat open source, dilisensikan di bawah MIT License. Anda juga bisa ikut berkontribusi di GitHub untuk kemajuan program ini!

Unduh KFlearning dari laman berikut.
https://github.com/Kodesiana/KFlearning/releases

  1. Unduh file KFlearning-bundle_vX.X.zip, kemudian ekstrak.
  2. Buka KFlearning-bundle_vX.X.exe, tunggu proses ekstrak.
  3. Setelah proses ekstrak selesai, klik Install untuk memulai instalasi.
  4. Tunggu proses instalasi, setelah itu klik Buka untuk memulai KFlearning.

Sampai disini Anda sudah berhasil untuk memasang KFlearning. Untuk tutorial bagaimana penggunaan KFlearning, akan di bahas pada post selanjutnya.

What’s Next?

Tiga seri artikel baru akan di posting dalam waktu satu sampai dua bulan ke depan, dengan serangkaian project yang akan menggunakan KFlearning sebagai manajer project.

Stay tuned ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.