Code Notes, Aplikasi Catatan untuk Developer📒

Code Notes merupakan aplikasi catatan atau snippet bagi developer. Seringkali developer memiliki banyak contekan atau kumpulan kode yang memiliki fungsi tertentu dan ingin digunakan kembali di proyek yang akan datang. Tetapi, mencari kembali kode atau catatan tersebut sulit karena terdapat pada source code lama atau disimpan dalam file teks yang sudah jauh terpendam.

Nah, aplikasi ini bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini!

Tampilan Code Notes. Sumber: https://lauthieb.github.io/code-notes/

Aplikasi ini dibuat oleh Laurent Thiebault, seorang programmer asal Prancis. Aplikasi ini bersifat open source dan dibuat menggunakan ElectronJS dan Vue.js.

Apa Saja Fitur Code Notes?

Banyak, lho!

  1. Linting, kamu bisa pilih bahasa pemrograman apa yang kamu pakai untuk snippet-nya, dan Code Notes akan memberikan syntax highlighting pada kodemu!
  2. Github Gist, ya, kamu bisa atur Gist kamu dari aplikasi ini juga! Kamu bisa langsung upload snippet kamu ke Gist.
  3. Cross Platform, aplikasi ini support Windows, MacOS, dan Linux.

Banyak tapi cuma tiga? Tiga fitur di atas adalah fitur yang paling penting menurut penulis. Fitur lain seperti UI/UX yang baik, open source, aplikasi ringan tanpa lag, dan lainnya, sudah sepaket disini.

Oh iya, snippet yang bisa disimpan bukan cuma untuk source code, tapi untuk apa saja (versatile).

Kenapa Pakai Manager Segala?

Penting!

Bayangkan kamu sedang membuat program baru, dan ada beberapa fungsi yang sebelumnya sudah kamu buat. Daripada harus buat ulang, kenapa harus ngulang? Ambil aja kode yang sudah ada. Tapi, kodenya lupa disimpan dimana 🙁

Nah inilah pentingnya ada manajer, untuk membantu kita mengatur snippet atau potongan kode yang kita anggap penting dan mungkin akan berguna di kemudian hari.

Penulis sendiri baru menggunakan aplikasi ini kemarin, dan langsung memindahkan semua snippet C# dan perintah konsol yang sebelumnya penulis simpan di aplikasi Notes.

Tampilan Aplikasi Notes Buatan Penulis.

FYI: ini adalah aplikasi buatan penulis untuk mengatur snippet juga, tetapi fiturnya sedikit, karena penulis bikin aplikasi ini dadakan dan cuma 2 jam 😀

Jajal Aplikasinya

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, aplikasi ini banyak penggemarnya, lho. Untuk mengunduh aplikasi ini, klik:

Github Releases
Buka tautan di atas, kemudian pilih versi yang diinginkan.

Referensi