Featured image of post Ikutan Turnamen Microsoft Excel (MEWCI) 2024🔥

Ikutan Turnamen Microsoft Excel (MEWCI) 2024🔥

Bukan e-sport biasa! Ikuti pengalaman penulis ikut e-sport Microsoft Excel World Championship Indonesia 2024

May the best spreadsheet wins!

Halo teman-teman! Sudah lama sejak artikel terakhir yang penulis buat. Sebelumnya penulis sudah berjanji untuk menyelesaikan seri artikel mengenai data mining dan LLM untuk prediksi harga rumah, tapi untuk saat ini, penulis ingin berbagi pengalaman penulis ikut Microsoft Excel World Championship Indonesia 2024🔥

Apa itu e-sport Microsoft Excel? Untuk siapa event ini? dan apa manfaatnya untuk peserta?

Berkenalan dengan Microsoft Excel World Championship Indonesia (MEWCI) 2024

Microsoft Excel World Championship Indonesia (MEWCI) 2024 merupakan nama turnamen resmi Microsoft Excel yang diselenggarakan oleh Bank BTN dan kolaborasi dengan POS Indonesia, POS Properti, dan Financial Modelling World Cup (FMWC). FMWC sendiri adalah penyelenggara MEWC secara internasional yang setiap tahun diselenggarakan di Las Vegas, US.

Setiap tahunnya, MEWC menyeleksi hingga 2 juta pemain hingga grand final di Las Vegas, US yang juga disiarkan pada kalan ESPN! Ga kalah dengan turnamen Counter Strike dan DotA tentunya!

Sebenarnya seperti apa sih turnamen Microsoft Excel itu?

Kalau kamu pernah ikut competitive programming misalnya Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Komputer, ICPC, IEEEXtreme, LeetCode, CodeForces, atau semacamnya, maka kamu sudah familiar dengan soal-soal di turnamen Excel ini. Yap, turnamen Excel ini menggunakan konsep yang sama seperti competitive programming, bedanya peserta harus menyelesaikan masalah tersebut menggunakan… Microsoft Excel.

Emang bisa?

Microsoft Excel itu turing complete, lo! Artinya sama seperti bahasa pemrogrmaan lainnya, Microsoft Excel juga bisa melakukan semua operasi komputasi seperti halnya bahasa pemrograman. Bedanya hanya pada sintaks dan struktur data tentunya, di mana Excel berorientasi pada struktur data…. tabel.

Dalam kompetisi ini, peserta diperbolehkan menggunakan SEMUA fitur yang ada dalam Excel, baik itu berupa formula, macro, PowerQuery, bahkan VBA juga diperbolehkan, selama semua pengerjaannya dilakukan di Excel.

Awal Tau MEWCI 2024

Awalnya penulis memang suka ngulik tentang FMWC dan MEWC karena “turnamen Excel” ini menurut penulis sangat unik dan beda dari yang lain. Yang penulis tau juga kegiatan MEWC ini meskipun terbuka untuk siapa pun, tetapi harga entrinya lumayan mahal dan soal-soalnya pun lumayan sulit, selevel dengan LeetCode untuk interview kerja😂

Jadi kalau kamu sudah terbiasa dengan competitive programming, ikutan MEWC ini bisa jadi salah satu tantangan baru untuk melatih skill problem solving dan juga kemahiran Excel kamu.

Percepat ke bulan September, tidak sengaja penulis melihat posting dari fmwcindonesia yang akan menyelenggarakan kegiatan MEWCI 2024. Dengan rasa penasaran, penulis jadi tertarik untuk ikut, itung-itung mencoba hal baru, meskipun penulis jarang menggunakan Excel.

Kebetulan, saat ini penulis masih belum bekerja fulltime dan masih kuliah S2 semester 3 di IPB, akhirnya penulis coba ikut mendaftar pada kategori ROOKIE yang ditujukan untuk mahasiswa S1 s.d. S3.

Kualifikasi MEWCI 2024 secara Daring

Babak kualifikasi dilaksanakan secara daring dengan durasi 30 menit. Soal yang diberikan terdiri atas satu tema dengan empat level kesulitan/studi kasus. Pada turnamen kali ini, tema soal yang diangkat adalah permainan Battleship. Buat kamu yang belum familiar dengan board game ini, intinya adalah kita ingin menghancurkan kapal perang musuh dengan menembakkan misil ke target dalam bentuk kisi/grid.

Secara logika sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi untuk dua soal pertama. Bagi penulis, yang menjadi tantangan utama adalah bagaimana cara menggunakan Excel untuk merealisasikan ide solusi yang ada di kepala penulis😂 Namanya juga turnamen Excel, ya harus pakai Excel!

Waktu itu penulis mengerjakan babak kualifikasi di Perpustakaan IPB. Kebetulan jam 14.00 hari Sabtu itu mulai turun hujan deras hingga sore hari. Pas sekali ketika waktu kualifikasi, padahal jam 13.00 itu langit masih cerah tanpa awan😓

Dalam kondisi lumayan tertekan dengan waktu yang terbatas dan hujan badai, sayangnya penulis hanya bisa mengerjakan satu soal saja🥲 Saat itu penulis kira sudah tidak ada harapan untuk ikut rangkaian turnamen hingga semifinal karena hanya bisa mengerjakan satu soal saja, tapi ternyata…

LOLOS SEMIFINAL!

Woaahhh! Siapa sangka bisa lolos top 8 padahal hanya mengerjakan satu soal😭

Setelah penulis lihat pengumuman peserta yang lolos ke babak semifinal di instagram fmwcindonesia, penulis tentunya sangat senang sekali dengan berita ini. Tetapi di sisi lain, hal ini menunjukkan sisi lain dari turnamen ini yaitu kurang peserta atau mungkin belum experienced.

  • Kurang peserta? Asumsi ini karena penulis rasa PR dari pihak MEWCI belum menyentuh banyak universitas di Indonesia, di IPB sendiri tidak ada informasi mengenai turnamen ini
  • Belum experienced? Asumsi ini juga muncul karena asumsi penulis kalau orang Indonesia, apalagi mahasiswa, pasti pengalaman dengan Excel itu untuk mengolah data keuangan atau untuk analisis statistika. Siapa yang pernah melakukan competitive programming dengan Excel?

Nah sampai di sini penulis sangat bahagia,

Duh, kapan lagi ikutkan e-sports? haha

Tidak penulis sadari kalau babak semifinal nanti akan jauh lebih menantang daripada kualifikasi.

Semifinal MEWCI 2024 di Point Area Jakarta

Babak semifinal, Point Arena Jakarta, 13 Oktober 2024.

Foto penulis pada MEWCI 2024
Foto penulis pada MEWCI 2024

Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta MEWCI 2024. Babak semifinal! Kali ini semua peserta dari ketiga kategori (ROOKIE, PROFESSIONAL, dan BUMN) akan diadu dan akhirnya hanya akan ada satu orang sebagai pemenang yang akan mewakili Indonesia pada MEWC di Las Vegas, US.

Pada babak semifinal ini penulis bertemu dengan banyak teman-teman baru dari berbagai universitas mulai dari ITB, Tel-U, UT, Binus, hingga Monash University! Penulis dan 3 orang lain saat ini sedang kuliah S2 dan sisanya sedang kuliah S1, bahkan ada yang masih kuliah S1 semester 1 dari ITB🫡

Foto tim kategori ROOKIE
Foto tim kategori ROOKIE

Sama seperti pada babak kualifikasi, semua peserta mengerjakan satu studi kasus dengan empat level. Kali ini studi kasusnya adalah permainan klasik Minesweeper. Kalau kamu pernah pakai Windows, pasti sudah tidak asing dengan permainan ini.

Bedanya dengan babak kualifikasi, turnamen di Point Arena Jakarta ada komentatornya😭 Bayangin ngerjain soal dalam waktu 30 menit sambil dikomentari secara langsung/live. Anxiety🥲

Dua soal pertama berisi puzzle yang menanyakan ada berapa mine di sekitar titik yang diminta dan sisa dua soal terakhir adalah variasi dari soal kedua dengan beberapa constraint tambahan. Kali ini, penulis hanya bisa mengerjakan soal pertama dan pada soal kedua, penulis tidak punya waktu untuk mengubah formula dari bentuk tabel ke sel agar solusi dapat digunakan untuk semua studi kasus. Sayang sekali hanya ada waktu 30 menit untuk menyelesaikan soal ini.

Pengerjaan soal pada babak semifinal
Pengerjaan soal pada babak semifinal

Meskipun penulis akhirnya tidak lolos ke tahap final, tetapi penulis sangat senang bisa bertemu teman-teman baru dan bisa berkompetisi di Point Arena Jakarta. Ini adalah pengalaman pertama e-sport (dan semoga bukan yang terakhir) bagi penulis dan penulis berharap untuk bisa ikut di tahun depan jika nanti ada MEWCI 2025🐋

Pengalaman ini sangat berarti bagi penulis karena soal-soal Excel yang penulis kerjakan membuka wawasan penulis mengenai potensi Excel yang tidak hanya untuk analisis data “konvensional” tetapi dengan kreativitas dan skill, Excel ini bisa menjadi solusi untuk berbagai studi kasus yang luas.

The Winner is…

Selamat untuk Pak Herardi Cahya sebagai pemenang Microsoft Excel World Championship Indonesia (MEWCI) 2024 dan akan mewakili Indonesia untuk turnamen Excel yang sesungguhnya di Las Vegas nanti.

Kepoin instagram fmwcindonesia untuk cari tau lebih detail mengenai rangkaian kegiatan MEWCI 2024!

Mau Ikutan? Bingung Belajar dari Mana?

Buat kamu yang tertarik tapi belum tau nanti turnamen Excel itu seperti apa, ada banyak lo sumber-sumber belajar yang bisa kita ikuti di YouTube. Beberapa pemenang MEWC terdahulu, khususnya kanal YouTube Diarmuid Early. Channel ini berisi berbagai tutorial dan pembahasan soal dari turnamen MEWCI terdahulu dan Diarmuid Early sendiri adalah 2 kali pemenang MEWCI 2014 dan 2021 beserta 4x runner-up pada 2016, 2020, 2022, dan 2023.

Tanpa video dari kanal Diarmuid Early, saya rasa saya mungkin tidak akan bisa mengerjakan soal pada MEWCI 2024 ini. Terima kasih banyak pak!

Tapi sebelum itu…

Ternyata soal Battleship dan Minesweeper itu merupakan soal yang sudah pernah digunakan pada beberapa tahun sebelumnya dan juga sudah ada video pembahasan mengenai dua soal yang digunakan pada babak kualifikasi dan semifinal.

Tutorial Excel Battleship

Tutorial Excel Minesweeper

Recorded Stream MWCI 2024

Buat kamu yang penasaran bagaimana turnamen MEWCI 2024 ini, kamu bisa lihat rekaman turnamennya pada rekaman YouTube berikut.

Mungkin sekian pengalaman yang bisa penulis bagikan, semoga bisa menjadi motivasi buat kamu baik mahasiswa maupun profesional untuk mencoba ikut turnamen Microsoft Excel ini. Karena tidak hanya mengasah kemampuan, tapi juga bisa menjadi tempat networking karena kita bisa bertemu banyak teman-teman baru dari berbagai industri.

Sampai ketemu lagi di turnamen Microsoft Excel tahun depan🔥

Dibangun dengan Hugo
Tema Stack dirancang oleh Jimmy