Cake Build merupakan sebuah tool berupa script yang dapat digunakan untuk melakukan otomatisasi proses building proyek berbasis .NET dan MS Build.

Maksudnya?

Pernahkah kamu membuat sebuah program yang cukup besar dan kompleks, sehingga terdapat banyak dependecies dan perlu dilakukan beberapa tahap persiapan sebelum program dapat digunakan. Misalnya output program harus dipindahkan ke struktur folder khusus, atau harus digabung dengan file pendukung lain, atau harus melakukan signing terlebih dahulu.

Daripada melakukan semua itu secara manual, akan lebih mudah jika ada cara untuk membuat proses tersebut menjadi otomatis, kan? Nah inilah tujuan dari Cake.

Tampilan Cake Build

Apa itu Cake Build?

Cake adalah script berbasis PowerShell yang menggunakan sintaks yang mirip dengan C# untuk melakukan berbagai task untuk mengotomatisasi proses pada proyek berbasis .NET. Contoh kasus yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan salah satu alasan kuat untuk menggunakan Cake.

Gimana Cara Pakainya?

Gampang! Prosesnya hanya ada dua. Pertama mengunduh bootstrapper Cake dan membuat file build.cake sebagai isi perintah yang akan dieksekusi.

Bootstrapper Cake

Cara mengunduh bootstrapper Cake yaitu:

  1. Buka PowerShell.
  2. Masukkan perintah cd E:\Proyek tanpa tanda kurung. Folder E:\Proyek ini dapat diubah sesuai lokasi proyek.
  3. Masukkan perintah Invoke-WebRequest https://cakebuild.net/download/bootstrapper/windows -OutFile build.ps1 tanpa tanda kurung.

Selesai. Sekarang kamu sudah mempunyai bootstrapper Cake, selanjutnya adalah membuat script untuk mengeksekusi perintah untuk build proyek C#.

Script build.cake

Sintaks script untuk Cake tidak bergitu berbeda jauh dengan C#. Berikut adalah contoh script yang penulis gunakan untuk melakukan build Argon USB Assist+. Untuk tutorial lebih lanjut, silakan cek disini.

var target = Argument<string>("target", "Build");
Task("Build").Does(() =>
{
    MSBuild("./Argon.sln");
});

RunTarget(target);

Simpan script di atas ke file build.cake. Simpan di folder yang sama dengan build.ps1 pada tahap sebelumnya.

Selanjutnya adalah mengeksekusi script pada build.cake, caranya:

  1. Buka PowerShell.
  2. Masukkan perintah cd E:\Proyek. Folder E:\Proyek ini dapat diubah sesuai lokasi proyek.
  3. Masukkan perintah ./build.ps1 tanpa tanda kurung.
  4. Tunggu proses build.

Yap! Selamat, kamu sudah berhasil membuat script untuk melakukan build solution kamu.