SBMPTN 2019, Apa Saja yang Baru?🎓

SBMPTN 2019 sebentar lagi akan dilaksanakan. Sudah update dengan informasi terbaru mengenai SBMPTN 2019? Bagaimana sistemnya? UTBK kan ya?

Ternyata SBMPTN 2019 tidak terlalu berbeda dengan SBMPTN 2018 sebelumnya. Meskipun sekarang nama uijannya adalah UTBK, sistem ujiannya masih sama dengan SBMPTN tahun lalu.

Jadi, apa bedanya?

SBMPTN 2019, Revolution

Beberapa perubahan dari SBMPTN 2019 dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

SBMPTN 2018SBMPTN 2019 (UTBK)
Urutan pilihan PTN tidak berpengaruh.Urutan pilihan PTN menyatakan prioritas.
Penilaian menggunakan CRT (Classical Response Theory).Penilaian menggunakan IRT (Item Response Theory).
Pilih PTN baru ujian.Ujian baru pilih PTN.
Kelompok ujian SAINTEK, SOSHUM, dan IPC.Kelompok ujian SAINTEK dan SOSHUM.
Peserta lolos SNMPTN bisa ikut SBMPTN.Peserta yang lolos SNMPTN tidak bisa ikut SBMPTN.

Ternyata ada lima perubahan yang signifikan antara SBMPTN 2019 dan SBMPTN 2018. Yuk kita bahas satu-persatu.

Urutan Prioritas Pilihan PTN

Yap, ini salah satu perubahan yang besar. Dulu, SBMPTN tidak menghiraukan urutan pilihan PTN, artinya mau urutannya dari PTN dengan rating rendah ke tinggi juga boleh.

Tapi tahun ini SBMPTN menetapkan bahwa urutan pilihan PTN adalah prioritas. Hal ini mungkin karena dengan sistem yang sekarang, CAMABA bisa melihat nilainya terlebih dahulu, sehingga bisa memilih dengan lebih baik.

Sistem Penilaian Berbasis IRT

Nah, kalau sistem penilaian ini sudah pernah admin bahas sebelumnya pada artikel Bongkar Teori Respon Butir SBMPTN 2018. Singkatnya, dengan sistem penilaian baru ini, diharapkan CAMABA dapat memperoleh nilai terbaik dan adil bagi seluruh peserta SBMPTN.

Ujian Dulu, Baru Pilih PTN

Ini juga salah satu perubahan yang menarik. Kalau tahun-tahun sebelumnya saat pendaftaran SBMPTN harus sudah punya pilihan, sekarang SBMPTN bisa pilih PTN setelah UTBK. Artinya kamu bisa pilih PTN sesuai dengan nilai hasil UTBK, ini bisa memperbesar peluang masuk ke PTN dengan mempertimbangkan nilai yang kamu dapatkan.

Hilangnya Pilihan Ujian IPC

WHAT? Ya, IPC sekarang sudah ditiadakan. Kalau kamu mau mengambil jursan PTN yang ada di kelompok SAINTEK dan SOSHUM, kamu harus ikut UTBK SAINTEK dan SOSHUM.

Peserta Lolos SNMPTN Tidak Boleh Ikut SBMPTN

Nah ini salah satu hal yang paling bikin lega. Kalau sudah diterima SNMPTN, ya terima aja. Jangan ambil yang SBMPTN 😀

Sistem ini mungkin dibuat agar PTN yang sudah menerima siswa tersebut tidak “di-php-in” karena siswanya pergi ke PTN lain menggunakan jalur SBMPTN.

Simpulan

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat lima perubahan yang signifikan pada sistem SBMPTN 2019 atau yang marak disebut dengan Test Center.

Perubahan tersebut yaitu penerapan sistem prioritas pilihan PTN, perubahan sistem penilaian menggunakan IRT, pemilihan PTN dilakukan setelah ujian, bukan sebelumnya. Selain itu, kelompok ujian juga dikurangi menjadi SAINTEK dan SOSHUM dan peserta yang lolos SNMPTN tidak dapat ikut serta dalam SBMPTN.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua yang akan menghadapi SBMPTN 2019 yang akan datang. Jangan lupa belajar ya! 😀

Admin sudah membahas masalah Test Center ini di CAMPUS EXPO 2019 yang lalu. Kalau kamu tidak sempat datang, kamu bisa lihat:
Keynote Seminar Test Center @ CAMPUS EXPO 2018.

Referensi

  1. TSI LMPT. 2019. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (https://sbmptn.ltmpt.ac.id/). Diakses 11 Maret 2019.
  2. Noor Fiqri, Fahmi. 2018. SBMPTN Test Center 2018 (Seminar CAMPUS EXPO 2018).