💻Tutorial WPF : Pendahuluan

WPF (Windows Presentation Foundation), merupakan GUI Framework yang dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari .NET Framework.

Environment WPF pada Visual Studio
Environment WPF pada Visual Studio

Bagi teman teman yang baru atau sudah lama dalam dunia pemrograman, pastinya kenal dengan .NET Framework. dalam membuat aplikasi Windows kita bisa menggunakan WinForm, WPF dan UWP.

Kodesiana punya tutorial nih tentang Windows Presentation Foundation, dibuat semudah mungkin (menurut penulis) agar bisa dipahami. tak kenal maka tak sayang, kita langsung saja ke materi.

Apa Itu GUI Framework dan WPF?

Nah, sebelum bahas macam-macam, apa sih GUI Framework itu?

Singkatnya GUI (Graphical User Interface) atau Antarmuka Grafis, merupakan apa yang sedang kamu lihat saat ini. Baca lebih lanjut di sini.

GUI Framework membantu kita membuat elemen antarmuka, mengatur bagaimana skema input dan output, dan pekerjaan lainnya.Tanpa GUI Framework kita harus menggambar elemen-elemen ini secara manual pixel per pixel, dan menangani semua skenario interaksi pengguna, yang pastinya sangat merepotkan.

Ada banyak GUI Framework yang ada saat ini, WPF adalah salah satunya, meski pun ada beberapa teknologi yang baru seperti Xamarin dan UWP, keduanya merupakan Adik dari WPF itu sendiri, jadi mempelajari kakaknya tidak ada salahnya. Bukan?

Oke, selain itu, beberapa programmer juga mengenal WinForm, yang sudah sedikit usang dan masih dipertahankan. Jadi kita akan membahas pula perbedaan antara mereka berdua.

Perbedaan WPF dan WinForms

Oke, ketika kita membicarakan WPF dan WinForms, maka perbedaanya banyak banget,

meski pun mereka berdua masih dalam satu Framework (.NET). tapi mereka memakai cara  yang berbeda, tim yang berbeda dan fokus teknologi yang berbeda.

Satu perbedaan paling mencolok antara WinForms dan WPF adalah, ketika WinForms merupakan kontrol standar dari Windows (contohnya Button), WPF dibangun dari nol dan tidak bergantung pada kontrol standar Windows di hampir semua situasi. WFP me-render semua kontrol dari nol, karena itu perbedaan ini sangat terasa buat yang sering memakai Win32 / WinAPI.

Contoh kerennya, misal kita butuh tombol dengan gambar dan teks di atasnya, Kontrol standar windows tidak menyediakan elemen itu, jadi kita harus menggambarnya sendiri, mengimplementasikan tombol kita sendiri yang bisa diberi gambar atau menggunakan 3rd Party.

Dengan Windows Presentation Foundation, tombol bisa diisi apapun, selama konten masih berupa kontrol lain, dan pengolahan state / ada di luar tombol tersebut.

Misal nih, kita butuh tombol dengan gambar dan teks, tambahkan saja gambar dan textBox didalam tombol, dan Selesai!

Fleksibilitas ini ada di Windows Presentation Foundation, sedangkan WinForm perlu tenaga lebih untuk merubah sedikit saja.

Kelemahannya pastinya adalah skenario mudah di WinForm terkadang tidak selalu mudah juga jika dilakukan di WPF, seperti memberi ikon pada ListView.

Banyak kelemahan dan kelebihan Windows Presentation Foundation, namun setelah kita memahami lebih dalam, kelemahan itu mungkin terlupakan dengan keunggulan yang dimilikinya.

Tentu saja bukan berarti WinForms jelek, kekurangan winform mungkin dapat menjadi kelebihan wpf, begitupun sebaliknya. dan ingat, WPF dan WinForms masih dalam satu framework, jadi tidak ada kerugian atau penambahan ukuran berkas yang tidak perlu.

Nah, sebelum menutup, mari kita lihat beberapa daftar subjektif dari keuntungan utama untuk WPF dan WinForms.

Keuntungan WPF

  • Teknologi cukup baru dibandingkan WinForms, memungkin kan kita membuat aplikasi modern dengan mudah.
  • Banyak digunakan di kalangan enterprises
  • Lebih fleksibel, pembuatan tema, lokalisasi bahasa dan kontrol baru dapat dilakukan dengan mudah.
  • Banyak 3rdParty yang sudah membuat kontrol dan tema keren.
  • teknologi ini menggunakan XAML, yang bisa mempermudah pengolahan., dan memungkinkan pekerjaan dibagi antara seorang desainer (XAML) dan seorang programmer (C #, VB.NET dll.)
  • Data Binding, memudahkan untuk memisahkan kode pengolah dengan antarmuka, contoh peneerapannya dengan MVVM
  • Menggunakan Akselerator Hardware sehingga dapat mempercepat aplikasi.

Keuntungan WinForms

  • Lebih Senior dan Stabil.
  • Sudah banyak 3rdParty Tambahan untuk WinForms
  • Mudah menggunakan Win32 / WinAPI

Yak, saya menulis lebih banyak Keuntungan dari WPF dibandingkan dengan WinFoms (karena materinya beda).  setelah ini kodesiana akan membantu teman teman belajar Windows Presentation Foundation langkah demi langkah. kontrol demi kontrol. karena itu tetap ikuti Kodesiana ya 🙂

Ikuti Tutorial Windows Presentation Foundation lewat tautan ini.