Tutorial Installer: Finalisasi Setup Project/Finishing (5 dari 5)

WiX Toolset

Tutorial installer ini membahas cara membuat installer aplikasi menggunakan WiX Toolset. Membuat installer merupakan tahap akhir dari siklus pembuatan aplikasi. Setelah program aplikasi selesai dibuat dan diuji, tahap selanjutnya adalah membuat paket instalasi untuk didistribusikan kepada pengguna akhir/konsumen.

Project artikel ini dapat diakses pada repositori Kodesiana pada https://github.com/Kodesiana/WixInstallerExample. Artikel ini merupakan artikel bersambung dengan urutan sebagai berikut.

  1. Tutorial Installer: Instalasi WiX Toolset (1 dari 5)
  2. Tutorial Installer: Membuat Installer Aplikasi (2 dari 5)
  3. Tutorial Installer: Kustomisasi dan Install Conditions (3 dari 5)
  4. Tutorial Installer: Membuat Bootstrapper Installer (4 dari 5)
  5. Tutorial Installer: Finalisasi Setup Project/Finishing (5 dari 5) [artikel ini]

Finalisasi Setup Project

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara membuat installer dan boostrapper yang dapat menginstall program pada komputer lengkap dengan .NET Framework, SQL Server LocalDB, dan Crystal Report Runtime. Tahap akhir adalah melakukan uji coba setup tersebut pada virtual machine.

Uji Coba pada Virtual Machine

Sebelum setup dapat digunakan pada komputer klien, setup harus diuji coba terlebih dahulu. Pada kasus testing setup installer, kita tidak bisa menguji setup secara langsung pada komputer yang digunakan untuk developing, melainkan harus menggunakan test server atau menggunakan virtual machine. Alasannya karena setup installer akan memasang program pada sistem dan apabila terdapat error pada setup kemungkinan besar program yang telah di install tidak akan dapat di uninstall.

Penulis biasanya mengunakan VirtualBox untuk membuat virtual machine dan sistem operasi Windows 7. Penulis juga biasa membuat snapshot saat VM pertama kali dibuat, untuk menandai clean install. Jadi tidak perlu melakukan install ulang saat perlu melakukan tes ulang.

VirtualBox Manager
VirtualBox Manager

Studi Kasus Lainnya

Penulis mendapatkan banyak permintaan dari pembaca blog Kodesiana.com untuk membuat tutorial dengan menggunakan basis data MySQL. Pada waktu dekat ini, penulis mungkin tidak bisa membuat tutorial lengkap cara membuat bootstrapper dengan program tambahan MySQL.

Jika Anda ingin bereksperimen untuk membuat bootstrapper MySQL, penulis menyarankan untuk mengunduh MySQL for Windows untuk memulai membuat bootstrapper. Saran dari penulis:

  1. Gunakan <RegistrySearch> untuk mendeteksi program MySQL.
  2. Install MySQL for Windows menggunakan <ExePackage>.
  3. Jalankan <CusomAction> pada event InstallFiles pada setup untuk menjalankan program mysql untuk mengeksekusi perintah SQL untuk membuat basis data.

Referensi

  1. Indonesia. 2014. How Can I Run an SQL Script in MySQL (https://stackoverflow.com/questions/8940230/how-can-i-run-an-sql-script-in-mysql). Diakses 3 Juni 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.