Ngoding Arduino Lebih Cepat dengan Visual Studio Code🔰

Arduino IDE merupakan integrated development environment yang paling umum digunakan untuk memprogram board seperti Arduino dan turunannya. Arduino IDE ini merupakan program resmi dari Arduino LLC. dan mendapat full support. Selain itu, di dunia pemrograman belakangan ini muncul pesaing baru yaitu Visual Studio Code (lebih akrab disebut VSCode). VSCode merupakan editor dari Microsoft berbasis Electron dengan dukungan kode dan ekstensi yang sangat banyak.

VSCode banyak disukai karena memiliki tampilan yang dapat dikustomisasi dan memiliki banyak ekstensi yang menawarkan banyak fitur yang menarik. VSCode sangat populer sebagai editor untuk web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan TypeScript. Tetapi siapa sangka, Microsoft telah merilis ekstensi agar VSCode dapat memprogram Arduino juga melalui ekstensi Arduino.

Apa itu Arduino IDE dan Visual Studio Code

Arduino IDE merupakan IDE resmi dari Arduino LLC untuk memprogram board-nya, Arduino. Visual Studio Code merupakan code editor besutan Microsoft yang berbasis Electron dengan dukungan berbagai kode dan juga ekstensi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Microsoft telah merilis ekstensi untuk menyediakan IDE untuk board Arduino dari VSCode.

Instalasi Arduino + VSCode

Ekstensi Arduino untuk VSCode ini merupakan binding untuk Arduino IDE. Jadi Arduino IDE tetap harus terpasang agar dapat digunakan bersama dengan Visual Studio Code.

Instalasi Arduino IDE

  1. Buka laman https://www.arduino.cc/en/main/software.
  2. Klik Windows Installer kemudian tunggu proses unduh.
  3. Buka file installer, kemudian pasang seperti biasa.

Instalasi Visual Studio Code

  1. Buka laman https://code.visualstudio.com/.
  2. Klik Download for Windows kemudian tunggu proses unduh.
  3. Buka file installer, kemudian pasang seperti biasa.

Untuk mendapatkan kemudahan penggunaan VSCode, sangat disarankan agar Anda belajar beberapa teknis dasar penggunaan VSCode seperti JSON, hot key, dan Emmet abbreviations. Pada artikel kali ini hot key yang akan digunakan adalah Command Pallete yang dapat diakses dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+P.

Konfigurasi VSCode + Arduino

Langkah pertama adalah memasang ekstensi Arduino untuk VSCode.

Tampilan Ekstensi Arduino pada VSCode.
  1. Buka Visual Studio Code kemudian klik menu Extension.
  2. Cari ekstensi dengan kata kunci Arduino kemudian klik Install.
  3. Tunggu proses instalasi, kemudian klik Reload. VSCode akan di restart dan ekstensi Arduino sudah siap digunakan.

Saat ini VSCode sudah dapat digunakan untuk membuat program untuk board Arduino. Tahap awal adalah uji coba, yaitu memuat program yang paling sederhana yaitu Blink ke board Arduino.

Memuat Program Blink

VSCode bekerja menggunakan sistem workspace yang berupa folder. Buat folder kosong dengan nama ArduinoBlink. Kemudian klik File > Open Folder untuk memilih folder baru tersebut. Setelah workspace siap, buka Command Pallete kemudian ketikan perintah Arduino: Initialize.

Pilihan Menu dari Command Pallete.

Setelah itu, VSCode akan meminta untuk proyek. Masukkan nama ArduinoBlink kemudian tekan Enter.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih jenis board yang akan digunakan, pada percobaan kali ini penulis akan menggunakan Arduino Uno. Ketikkan Arduino/Genuino kemudian pilih Arduino/Genuino Uno.

Pada tahap ini Anda sudah dapat mulai membuat kode. Salin kode di bawah ini ke editor.

void setup()
{
	pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT);
}

void loop()
{
	digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);
    delay(1000);
    digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);
    delay(1000);
}

Sebelum melakukan upload kode, Anda harus memilih port untuk upload. Hubungkan board Arduino dengan komputer menggunakan kabel USB, kemudian pada status bar di bagian kanan bawah, klik <Select Serial Port>. Command Pallete akan terbuka dan menyediakan pilihan port yang tersedia, pada contoh ini board Arduino terdeteksi pada COM3.

Buka kembali Command Pallete, kemudian jalankan perintah Arduino: Upload. Tunggu proses upload kode. Jika proses berjalan lancar, maka LED pada board Arduino akan menyala dan mati tiap satu detik.

Simpulan

Apa yang telah penulis paparkan di atas merupakan permulaan kecil untuk menggunakan VSCode untuk membuat program untuk board Arduino. Masih banyak fitur lain seperti built-in board, library manager, debugger dan lainnya. Pada artikel selanjutnya penulis akan membuat sebuah program berbasis Internet of Things dengan board Arduino Uno dan ESP8266 dengan server ThingSpeak.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!